Berbagai Kumpulan surat resmi dan non resmi, yang dapat dijadikan acuhan dalam pembuatan surat

√Bentuk Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT Terlengkap

Baca Juga:

    Surat Keterangan Domisili atau Tempat Tinggal adalah surat keterangan yang isinya menerangkan tentang tempat tinggal atau keberadaan seseorang di suatu daerah. Surat Keterangan Domisili ini biasanya dikeluarkan oleh pihak kelurahan, mulai dari pejabat terendah yaitu RT hingga kepala desa. Tujuan dari pembuatan Surat Keterangan Domisili ini biasanya untuk melengkapi dokumen sebelum melaksanakan pernikahan. Fungsi lain dari Surat Keterangan Domisili ini adalah sebagai surat keterangan apabila seseorang ingin berpindah tempat tinggal dari satu daerah ke daerah lain.

    Bentuk Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT Terlengkap
    Bentuk Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT Terlengkap



        Beberapa manfaat yang didapatkan dari Surat Keterangan Domisili ini antara lain sebagai berikut :
    1.  Asal – usul seseorang menjadi lebih jelas karena terdapat catatan resmi dan lengkap dari kelurahan atau daerah tempat tinggalnya.
    2. Sebagai bukti yang sah dan valid dari mana asal orang yang bersangkutan. Jika Surat Keterangan Domisili atau Tempat Tinggal ini digunakan untuk proses pindah domisili maka daerah tujuannya tidak perlu khawatir akan asal – usul orang tersebut.
    3. Sebagai jaminan apabila pihak terkait ingin menelusuri secara langsung asal – usul orang yang diterangkan dalam Surat Keterangan Domisili tersebut.

    Dalam menyusun Surat Keterangan Domisili ini terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut :

    1.    Kop Surat
    Karena termasuk jenis surat resmi maka dalam menyusun Surat Keterangan Domisili ini harus menyertakan kop surat resmi (kelurahan).

    2.    Identitas orang yang bersangkutan
    Ini adalah salah satu poin terpenting yang harus ada dalam Surat Keterangan Domisili yaitu identitas orang yang menjadi objek dalam surat tersebut. Cantumkan identitasnya secara jelas dan lengkap.

    3.    Tanda tangan dan stempel

    Bubuhkan juga tanda tangan dan stempel resmi dari instansi yang mengeluarkan Surat Keterangan Domisili tersebut, dalam hal ini yang mempunyai wewenang adalah ketua RT.

    4.    Bahasa baku
    Seperti jenis – jenis surat resmi pada umumnya, kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menyusun Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT.


    Tanpa perlu berlama – lama, berikut kami berikan Bentuk Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT Terlengkap sebagai bahan referensi untuk Anda :

    Contoh :



    PEMERINTAH KABUPATEN PATI
    KECAMATAN JAKEN
    KANTOR KELURAHAN DESA RONGGO
    Jalan Bukit Indah 12, Desa Ronggo, Kec. Jaken, Kab. Pati
    Telepon : 0295-123-4567
    SURAT KETERANGAN DOMISILI
    Nomor : ..... / ..... / ..... / .....

       
    Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT 01, RW 01, Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati dengan ini menerangkan bahwa :
    Nama                               : Joko
    Tempat, Tanggal Lahir    : Pati, 17 Agustus 1994
    Jenis Kelamin                  : Laki - laki
    Pekerjaan                         : Mahasiswa
    Agama                             : Islam
    Status Pernikahan            : Belum menikah
    Kewarganegaraan            : Indonesia
    Alamat                             : Desa Ronggo, RT 01, RW 01, Kec. Jaken, Kab. Pati
    Orang tersebut di atas benar – benar warga kami yang pada saat ini berdomisili di Desa Ronggo, RT 01, RW 01, Kec. Jaken, Kab. Pati.

    Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar – benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Ronggo, 3 Maret 2017
    Ketua RT 01 / RW 01,



    Ahmad Nur Mujiono

    Demikian Bentuk Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT Terlengkap yang dapat kami berikan kepada Anda pada artikel kali ini. Semoga dapat membantu dan menjadi referensi bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa pada artikel dan pembahasan lainnya. Terima kasih.








    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : √Bentuk Contoh Surat Keterangan Domisili Tempat Tinggal dari RT Terlengkap

    0 komentar:

    Posting Komentar