Berbagai Kumpulan surat resmi dan non resmi, yang dapat dijadikan acuhan dalam pembuatan surat

Legal Surat | Contoh Surat Jalan Format Lengkap

Baca Juga:

    Contoh Surat – Hai teman - teman! Jika kita kemarin sudah membahas tentang contoh surat kuasa, sekarang kita akan membahas tentang surat Jalan. Surat jalan adalah surat yang digunakan untuk mengiringi pengiriman barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan pengangkut sebagai alat transportasi logistik. Surat jalan pengiriman barang harus disertakan setiap ada kegiatan pengiriman. Tujuan pengiriman sendiri dapat bermacam-macam bisa ke konsumen langsung, ke mitra usaha atau ke distributor, tak perduli tujuan pengirimannya yang penting harus disertakan dengan surat pengiriman ini. Surat jalan memiliki banyak arti bisa sebagai surat pengantar juga bisa berfungsi sebagai tanda terima. Manfaat surat jalan sangat penting manakala menghadapi pemeriksaan Polantas di jalan raya, sebab dengan surat jalan tersebut maka secara otomatis akan diberitahukan soal barang yang sedang diangkut dalam kendaraan tersebut. Nah, yang terpenting surat jalan harus sesuai dengan barang yang dikirim agar dapat dipertanggung jawabkan. Nah dari sini surat jalan juga berfungsi sebagai surat pemberitahuan.

    Disamping digunakan sebagai surat pemberitahuan, sebenarnya surat pengiriman barang ini merupakan salah satu contoh bentuk konfirmasi bahwa pesanan barang yang diminta pihak customer sudah diproses dan sudah dalam tahap pengiriman barang. Sehingga pihak customer bisa mempersiapkan segalanya dan juga melakukan pengecekan bila nanti barang yang diminta sudah sampai ke tempat tujuan. Yang pasti, ketika Anda akan membuat surat pengiriman barang, jangan lupa juga melihat contoh surat pengiriman barang yang benar dan harus disertai dengan item dan barang yang sudah dipesan. Selain itu, cantumkan pula faktur dan harganya supaya semuanya jelas. Biasanya dalam pengiriman barang akan rentan sekali terjadi kerusakan pada barang. Maka dari itulah bila Anda mendapatkan kerusakan, segera saja buat surat pengaduan terhadap kerusakan barang yang Anda terima kepada pihak pengirim barang. Ini adalah strategi supaya Anda mendapat ganti rugi atas barang yang Anda pesan.

    Sementara untuk isi surat jalan sendiri diantaranya berisi data barang, jumlah barang atau produk, kualitas barang. Tujuan dari pembuatan surat jalan sendiri untuk memudahkan si sopir saat mengirim barang karena seringkali di jalanan sering ada pemeriksaan yang dilakukan oleh polantas. Dengan adanya surat jalan ini, akan memudahkan polisi dalam mengecek barang yang dibawa. Dan untuk si sopir juga bisa menghemat waktu karena tidak perlu membongkar barang bawaan untuk memperlihatkan kepada polantas.

    Dan pada biasanya surat jalan ini dibuat dalam tiga rangkap, lembar atau rangkap pertama sebagai bukti transaksi bahwa barang telah diserahkan. Lembar / rangkap kedua ditujukan untuk untuk pembeli atau penerima barang dan rangkap tiga untuk arsip bagi perusahaan yang mengeluarkannya.

    Dalam dunia kerja dibutuhkan dokumen sebagai bukti transaksi. Seperti Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang / Surat Pengantar Barang ini, yang digunakan sebagai bukti pengiriman suatu barang. Surat pengantar barang ini juga merupakan surat yang menjelaskan informasi barang yang dikirim. Seperti nama-nama barang apa saja yang dikirim, jumlahnya, satuan dan keterangan barang. Bukan hanya itu, Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang yang baik juga mencantumkan tanggal pengiriman, paraf pengirim, nama supir/kurir beserta tanda tangannya, tanggal diterima barang, nama penerima dan paraf penerima. Bahkan bila perlu, nomor polisi mobil pengiriman juga dicantumkan.

    Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa barang yang diterima apakah sesuai dengan barang yang dikirim. Jadi apabila terjadi perbedaan, misalkan perbedaan jumlah/quantity, maka akan dengan mudah terdeteksi. Nah dengan begitu akan dapat ditentukan pihak mana yang bertanggung jawab atas perbedaan itu. Bisa saja kesalahan pada saat proses pengiriman, karena sebelum barang dikirim tentu sudah dicek oleh pengirim dan kurir (supir).

    Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa hal terpenting saat membuat surat jalan adalah harus mencantumkan secara detail terhadap barang yang sedang diantar. Apa yang disebutkan dalam surat jalan harus benar-benar sesuai dengan barang yang dikirim, maka sebelum mengemas atau memberangkatkan barang tersebut jangan lupa untuk mengecek ulang satu persatu. Hal ini untuk menghidari hal-hal yang kurang diinginkan. Hal-hal yang biasanya disebutkan dalam surat jalan adalah alamat tujuan barang, siapa nama penerimanya, jumlah barang, kualitas barang jika yang diantar adalah barang yang dibeli maka cantumkan pula harga per quatitinya, serta lampirkan juga dengan faktur barang tersebut.

    Contoh Surat Jalan


    Contoh Surat Jalan - Setelah memahami uraian diatas tentu Anda sudah memiliki gambaran bagaimana membuat surat jalan yang baik dan benar bukan. Namun agar lebih jelas bagaimana format membuat surat jalan, berikut saya bagikan beberapa contoh surat jalan. Perhatikan juga aspek - aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik - baik tata penulisannya.

    Contoh Surat Jalan


    PT. Grobakz Seo Team
    Yang Penting Halal
    Alamat : Jl. Dekat Rumah Mu RT. I Jakarta Pusat

    SURAT JALAN


    Nomor : 99/ASB/VII/2013
    Jakarta Pusat, 2 Desember 2015
    Kepada Yth. _________________________
    di _____________


    Dengan Hormat,

    Bersama surat ini kami mengirimkan barang dengan perincian sebagai berikut :
    No     Nama Barang    Satuan    Jumlah Keterangan
    1.
    2.
    3.
    4.
    5.

    Mohon diperiksa kondisi barang dan diterima.


    Supir,


    (Nama Supir)

    Hormat Kami,


    (Nama Pengirim)


    Barang telah diterima pada tanggal ....., ..... ..... ......................

    Penerima,


    (Nama Penerima)



    Lihat Juga :

    - Contoh Surat Kuasa
    - Contoh Surat Bisnis
    - Contoh Surat Resmi


    Contoh Surat Jalan II



    PT. JAVA ANIMA DARMAJAOne Stop Busniness and IT SolutionJl. Cempaka Blok C3 No.24 Perum. Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung Telp: (0721) 328094, Fax : (0721) 8239402











    SURAT JALAN
    NO. 889/DO/I/2013
    Kepada Yth.
    PT. Tunas Dwipa MatraUP Bpk. Hutama Galung
    Jl. Kartini No. 1 Tanjung Karang PusatBandar Lampung 35000
    Tanggal Kirim: 23 Januari 2013

    Bersama dengan ini kami kirimkan sejumlah barang berikut ini:

    No.
    Nama Barang
    Jumlah
    Satuan
    Keterangan
    1.
    Spanduk Honda
    500
    pcs
    2.
    Brosur Revo dan Tiger
    2000
    pcs
    revo 1500, tiger 500
    3.
    Poster Honda
    1500
    pcs
    4.
    Sticker One Hear dan Honda
    2500
    pcs
    one heart 1000, honda 1500
    5.
    Kaos Honda
    500
    pcs

    Mohon untuk dicek dan diterima.


    Supir


    (………………………..)
    Hormat Kami


    (………………………..)


    Diterima Tanggal: ……………………..
    Penerima


    (………………………..)


    Contoh Surat Jalan III


    PEMERINTAH KABUPATEN ........................
    KECAMATAN .................
    DESA ...............
    Alamat ..................................................................................................

    SURAT JALAN
    Nomor : 230 / 230.010 / ...... / .......



    Yang bertanda tangan dibawah ini kami Kepala Desa ................... Kec. ....................... Kab. ............................ menerangkan bahwa :
    Nama :
    Jenis Kelamin :
    Umur :
    Agama :
    Pekerjaan :
    Alamat :
    Desa ............... RT. .... RW. .... , Kec. .................. Kab. ....................
    Orang tersebut diatas akan mengangkat barang-barang sebagai berikut :
    No. Nama Barang Satuan Keterangan
    1 A - -
    2 B - -
    3 C - -
    4 D- -
    5 E - -
    6 F - -
    7 G - -
    Selanjutnya barang-barang tersebut diatas akan diangkat dengan tujuan ke :
    Desa :
    Kecamatan :
    Kabupaten :
    Provinsi :
    No. Kendaraan :
    Demikian Surat Jalan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya dan untuk menjadikan periksa bagi yang berwajib.



    Senin, .... ...................... 2007
    Mengetahui

    Yang berkepentingan                                                                       Kepala Desa .............


    (...............................)                                                                          (...............................)

    Demikian info seputar contoh surat jalan yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari - cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : Legal Surat | Contoh Surat Jalan Format Lengkap

    0 komentar:

    Posting Komentar